Skip to toolbar

CT-SCAN vs RONTGEN

Masih banyak orang menganggap bahwa CT-Scan dan Rontgen adalah sama. Alat medis tersebut memang memiliki kesamaan fungsi, yaitu sama-sama merupakan pemeriksaan diagnostic yang berguna untuk mendeteksi adanya gangguan di dalam tubuh manusia. Namun ternyata, kedua alat tersebut memiliki perbedaan.

 

Apa saja perbedaannya? Mari kita simak….

 

CT-SCAN (Computer Tomography Scanning)

Ct-scanSuatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan suatu gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. CT-Scan merupakan suatu alat untuk mendeteksi bagian-bagian tubuh melalui potongan-potongan gambar yang dihasilkannya. Potongan gambar tersebut berupa pixel (picture element) dimana arti dari pixel itu sendiri adalah berupa titil-titik kecil gambaran.

 

RONTGEN (X-Ray)

X-raySinar X ditemukan pertama kali oleh Wilhelm Conrad Rontgen pada tahun 1895. Karena asalnya tidak diketahui waktu itu maka disebut sinar-X. X-Ray atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Sinar X merupakan alat yang memantulkan radiasi elektromagnetik yang  memiliki struktur yang berbeda-beda. Radiasi elektromagnetik yang dipantulkan oleh X-Ray dapat menembus struktur dalam tubuh dan membuat gambar struktur dalam tubuh tersebut pada film fotografi atau layar fluorescent.

 

PERBEDAAN ANTARA CT-SCAN DAN RONTGEN

  • CT-Scan sebenarnya merupakan perkembangan lebih lanjut dari X-Ray konvensional atau biasa dikenal dengan rontgen. CT-scan adalah pengambilan image / gambar dengan cara mengelilingi sambil menyinari obyek yang akan diamati dengan sinar-X. Jadi, image / gambar yang dihasilkan oleh CT-SCAN merupakan penampang melintang / irisan dari suatu obyek yang diamati.
  • X-Ray konvensional (rontgen) merupakan pengambilan image / gambar dari suatu obyek dengan menggunakan sinar-X. Obyek yang akan diamati disinari dengan sinar-X ini, dan dibelakangnya diletakkan film untuk menangkap image / gambar yang dihasilkan. Maka image / gambar yang dihasilkan merupakan penampang mendatar dari suatu obyek yang diamati.

 

Menurut pendapat saya,

CT-Scan lebih mudah dan praktis, karena CT-Scan merubah tampilan analog menjadi digital dan mudah dilihat oleh mata. Sedangkan rontgen atau sinar xray tidak dapat dilihat baik oleh mata, maupun oleh kamera televise, maka terlebih dahulu kita harus mengubah X-ray image ini menajdi image cahaya yang dapat terlihat oleh mata dan kamera televise.

Jadi sebenarnya Rontgen dan CT-Scan adalah alat pendeteksi yang sudah tidak asing lagi di dunia kedokteran, CT-Scan dan Rontgen memakai sinar X. Tetapi Pada foto rontgen, benda tiga dimensi dijadikan image dua dimensi (satu sisi pandang), sedangkan pada CT-Scan, benda tiga dimensi dilihat ‘isinya’ setelah ‘dipotong-potong’ (cross-sectional) maksudnya dipotong potong itu untuk menghasilkan gambaran organ tubuh dalam bentuk sayatan tipis, sehingga kelainanan yang terjadi pada organ tubuh tersebut dapat terlihat dengan jelas.dan pemakaian antara keduanya itu tergantung pada tujuan hasil pemeriksaan yang diinginkan . Baik CT scan ataupun rontgen keduanya memiliki keunggulan masing masing.

 

Itulah penjelasan perbedaan mengenai CT-SCAN dan RONTGEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *