Skip to toolbar

MUSIK? PIKIRAN RILEKS

Musik? Apa sih musik itu?

(Jika ingin mendengarkan lagunya, klik simbol play)

“Bichnaneun geotdeuleun manha
Geu ane jinjjareul bwabwa
Call me baby Call me baby
Call me baby Call me baby
You know my name girl
Neol hyanghae keojyeogan maeuma
Neo malgon geu muneul dada
 You know I’m here girl
Call me baby Call me baby
Myeoch beonirado Call me girl”

Lagu diatas adalah lagu boyband terkenal di Korea Selatan dan diberbagai Asia termasuk Indonesia. EXO adalah nama boyband tersebut. Boyband tersebut merupakan boyband favorit saya. Mengapa saya memasukkan lagu tersebut ke dalam tulisan saya ini. Lagu tersebut merupakan salah satu lagu yang dapat menenangkan pikiran saya disaat saya sedang stress dalam menghadapi tugas-tugas di kampus yang sangat banyak. Setelah mendengar lagu-lagu di album boyband tersebut saya merasa pikiran saya menjadi rileks. Lagu diatas merupakan salah satu lagu yang ada di album terbaru mereka saat ini.

Dalam tulisan saya ini, saya akan membahas mengenai musik dan kenapa sebuh musik apalagi musik favorit dapat membuat orang tersebut pikirannya rileks.

Musik adalah suara-suara yang disusun sedemikian rupa yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Stress, jenuh dan kehilangan semangat kerja adalah gangguan yang tidak dapat terelakan oleh manusia, namun semua itu dapat diminimalisir oleh suatu karya yang dinamakan musik. Ternyata musik tidak hanya bermanfaat untuk mengusir rasa jenuh saat kita melakukan pekerjaan yang bersifat reguler yang mau tidak mau harus dilakukan tetapi musik juga berkhasiat untuk mengurangi stres, menghilangkan insomnia dan mengasah pikiran anda.

Musik bisa membuat kita menangis, membantu kita merasa tenang atau nyaman, atau mengilhami kita untuk melakukan sesuatu. Saat ini para peneliti mempelajari bagaimana musik dan suara berefek secara langsung dalam proses penyembuhan.

Majalah Natural Health menulis bahwa penelitian yang dilakukan University of Maryland School of Medicine tahun 2008 mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit anda selama 30 menit dapat membantu melepas endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stres yang dinyatakan dapat membebani sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Endorphin adalah substansi yang menyebabkan kita merasa senang, bahagia dan melakukan aktivitas gerak lebih banyak. Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Seattle di Washington menunjukkan bahwa mendengar musik Mozart selama 12 menit dalam tiga kali seminggu bisa merendahkan tekanan darah.

Para peneliti mengatakan saat anda mendengar musik dan suara, jantung anda berdetak, bernafas, dan gelombang otak melambat atau meningkat sebagai respon atas apa yang anda dengar. Tubuh anda selaras dengan suara dan hasilnya relaksasi yang meningkat, detak jantung anda melambat, otot-otot tidak tegang, dan tubuh anda melepaskan endorphin senang atau meningkatkan tingkat energi, tergantung pada irama. Berikut ini adalah terapi yang bisa anda lakukan untuk anda yang mengalami stres, insmonia atau ingin mempertajam pikiran.
Menghilangkan Insomnia dengan CD (Compact Disc) Penyembuhan Joshua Leeds, penulis buku “The power of Sound” menciptakan CD dengan musik, spesial efek, dan suara dari dunia alam untuk meningkatkan berbagai kegiatan, seperti tidur.

Belajar Bermain Alat Musik Untuk Mengasah Pikiran. Penelitian menunjukkan bahwa bermain alat musik setiap hari bisa menjaga otak anda tetap muda dan lembut. Bermain alat musik juga bisa membantu mengurangi ketegangan karena tubuh anda benar-benar menyatu dengan energi lembut dari instrumen. Bermain alat musik selama lima menit bisa menghilangkan ketegangan dan pikiran yang kalut.
Barangkali tulisan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi anda, sehingga dapat selalu sehat dan fit setiap saat sehingga anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan mandapatkan hasil yang maksimal.

 

Nah jadi, jika kalian readers merasakan pikirannya kurang rileks atau stress karena tugas dan kerjaan lain, saya menyarankan untuk mencoba mendengarkan musik/lagu favorit setelah melakukan aktivitas karena menurut pendapat saya itu dapat menghilangkan stress dan menjadikan pikiran relaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *